Resep Nugget Tahu dengan Saus Spesial

Kamis, Juli 28th 2016. | Kuliner

Resep nugget tahu spesial merupakan salah satu alternatif olahan tahu yang bisa dibuat dengan mudah dan praktis. Biasanya, tahu hanya diolah dengan cara digoreng, ditumis, ataupun direbus saja, dengan adanya olahan nugget tahu ini semakin membuat olahan kreasi tahu semakin banyak dan bervariasi. Tahu memang salah satu bahan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Resep nugget tahu sangat mudah dibuat apalagi jika dipadukan dengan saus yang enak. Olahan dari tahu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat saat berdiet. Resep nugget tahu ini sangat cocok untuk disajikan bersama dengan saus yang spesial, berikut ini bahan untuk membuat nugget tahu dan sausnya:

Bahan utama nugget tahu:

  • Tahu putih segar 300 gram
  • Roti tawar 1 lembar
  • Telur ayam 1 butir
  • Wortel 20 gram
  • Garam beryodium 1 sendok teh

Bahan lapisan nugget tahu:

  • Telur ayam 1 buah
  • Tepung panir 160 gram

Bahan saus spesial nugget tahu

  • Mentega 1 sendok makan
  • Saus tomat 4 sendok makan
  • Gula pasir ½ sendok teh
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Bawang putih 1 buah
  • Garam beryodium 1 sendok teh
  • Kaldu ayam 30 cc
  • Tepung maizena 1 sendok teh

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah membuat sausnya, adapun langkah membuat sausnya yaitu:

  1. Cairkan sedikit mentega di atas wajan yang panas.
  2. Tumislah bawang putih yang sudah dicincang halus sampai harum dan layu lalu tambahkan saus tomat kemudian aduk lagi sampai rata. Masukkan gula pasir, garam dapur, dan merica bubuk tumis lagi sampai harum.
  3. Tuangkan kaldu yang sudah disiapkan kemudian tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan.
  4. Masak saus sampai mengental kemudian disisihkan.

Setelah saus sudah siap, ikuti langkah berikut ini untuk membuat nugget tahu:

  1. Haluskan tahu dan roti tawar yang sudah disiapkan dengan blender ataupun dengan food processor sampai benar-benar halus. Kemudian potonglah wortel menjadi irisan yang kecil-kecil.
  2. Campurkan adonan yang sudah dihancurkan tadi dalam sebuah wadah kemudian tambahkan telur ayam lalu aduk sampai benar-benar rata.
  3. Masukkan wortel yang sudah diiris kecil tadi lalu aduk lagi dan terakhir tambahkan dengan garam. Penambahan garam ini bisa disesuaikan dengan selera Anda.
  4. Siapkan loyang berbentuk segi empat yang sudah diolesi dengan minyak goreng ataupun mentega. Kemudian masukkan adonan tadi ke dalam loyang. Ratakan adonan tadi sampai merata di dalam loyang. Ingat, adonan ini jangan terlalu tebal, jika satu loyang tidak cukup sebaiknya ambil loyang yang lainnya.
  5. Kukuslah adonan tadi dengan menggunakan panci kukus selama kurang lebih ½ jam atau 30 menit atau sampai nugget matang.
  6. Angkatlah nugget yang sudah matang kemudian didinginkan dalam suhu ruangan.
  7. Potonglah nugget tahu sesuai dengan selera Anda atau sesuaikan dengan selera yang akan makan. Kemudian disisihkan.
  8. Siapkan bahan untuk celupannya, yaitu 1 butir telur dikocok lepas dan satu piring tepung panir.
  9. Celupkan nugget tahu yang sudah dipotong tadi ke dalam telur yang sudah dikocok lepas lalu gulingkanlah pada tepung panir yang sudah disiapkan.
  10. Gorenglah nugget tahu ini dengan menggunakan minyak panas secukupnya. Angkat nugget tahu setelah nugget berubah menjadi kecokelatan. Tiriskan lalu sajikan bersama saus yang sudah disiapkan.

Lihat Juga: Resep Cara Membuat Nugget Sayuran

Nugget tahu ini bisa disajikan sebagai camilan sehat apalagi jika disajikan dengan sausnya yang lezat. Tahu ini tidak mengandung banyak lemak jahat, tapi mengandung gizi yang sangat baik karena terbuat dari kacang kedelai. Olahan dari kacang kedelai sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang melakukan diet. Jadi, nugget tahu ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk Anda yang sedang melakukan diet. Selamat mencoba resep nugget tahu ini.

tags: ,