Resep Tumis Kangkung Dengan Mudah

Rabu, Oktober 28th 2015. | Kuliner

Resep Tumis Kangkung Dengan Mudah | Tumis Kangkung sudah pasti enak dan sederhana tentunya, cepat dan praktis proses pembuatannya. Masakan tumis atau biasa disebut “Cah” memang perlu cepat dalam pengolahannya karena kalau kelamaan bisa layu sayurannya. Walaupun cepat tentunya harus diperhatikan pula komposisi bumbu masaknya sehingga nantinya tumisan yang dihasilkan tidak layu serta bumbunya tetap terasa. Resep tumis kangkung merupakan resep yang sangat praktis dalam pembuatannya. Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama dan cara yang repot untuk membuatnya, karena bahaannya pun juga mudah didapatkan di pasaran.

Tumis kangkung ini akan terasa lebih enak dan pas bila disajikan ketika suasana hujan karena bisa lebih nyenyak tidurnya, mungkin itu hanya opini dalam masyarakat. Tumis kangung cukup diminati di kalangan masyarakat serta cocok dengan lauk apa saja, salah satu lauk yang cocok adalah ayam goreng dan ikan goreng. Selain itu pula untuk membuat tumis kangkung sederhana dan mudah tidak diperlukan aneka bumbu tambahan, cukup bawang merah, bawang putih dan kecap manis.

Tumis kangkung biasa kita dapatkan diwarung makan kecil tapi lebih baik kita membuatnya sendiri, karena dengan membuat sendiri kita bisa lebih menjamin kebersihan dan kenikmatan selera kita, dan untuk memilih kangkung sebaiknya memilih kangkung yang segar agar saat dimasak tidak cepat layu, karena memerlukan kecepatan dalam memasaknya. Jika anda sudah pernah mencobanya mungkin sudah biasa dan jika anda belum pernah mencobanya, maka anda bisa memperhatikan resep tumis kangkung yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Untuk mengetahui apakah bahan-bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya, silahkan anda simak resep tumis kangkung dibawah ini.

Bahan-bahan :

  • 4 ikat kangkung.
  • 2 siung Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • 2 sendok makan margarin, bisa juga mengunakan 3 sendok makan minyak goreng jika tidak ada margarin, untuk menumis
  • 2 buah cabe merah,
  • 150 ml Air
  • Gula putih, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Kecap Manis, secukupnya

Cara membuat

Setelah Semua bahan bahan dan bumbunya sudah siap dan lengkap, langsung saja kita menuju tutorial atau cara membuatnya. Dan berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tumis kangkung :

  1. Pertama kita bersihkan dulu kangkung dan siangi, kemudian sisihkan.
  2. Iris tipis – tipis bawang merah dan bawang putih, dan sisihkan
  3. Panaskan minyak goreng atau mentega dengan api kecil
  4. Lalu  tumis bawang putih dan bawang merah hingga tercium wangi baunya
  5. Masukkan pula cabe merah iris aduk-aduk
  6. lanjutkan dengan memasukkan kangkung yang sudah disiangi. Aduk sebentar
  7. Tambahkan air, Tambahkan gula, garam dan kecap manis, aduk hingga rata jangan lupa cicipi sampai sudah sesuai selera anda
  8. tunggu sampai tumis kangkung Masak hingga bumbu meresap dan tercium aromanya.
  9. Angkat diamkan sejenak, tumis kangkung enak dan sederhana buatan andapun siap dihidangkan ( Hidangkan dalam kondisi hangat )

Lihat Juga: Resep Tumis Jamur

Itulah bahan-bahan dan cara membuat dalam resep tumis kangkung ini. Untuk tumis kangkung anda bisa variasikan dengan bahan lainya sesuai selera anda. Untuk jumlah porsi tumisan bisa menyesuaikan baik bahan utama ataupun bumbunya tentunya sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk irisan cabe merah hanyalah sebagai pelengkap agar warna masakannya jadi lebih mantap dan mengundang selera. Tidak perlu profesional dalam resep tumis kangkung ini, karena memang caranya cukup praktis dan sederhana tapi tetap terjamin kenikmatanya.

tags: ,