Ruang Lingkup dan Pengertian Akuntansi

Jumat, September 25th 2015. | Nasional

Ruang Lingkup dan Pengertian Akuntansi | Pengertian akuntansi dan ruang lingkup akuntansi sering dipelajari dalam dunia pendidikan, selain itu dalam dunia pekerjaan juga kadang tidak lepas dari akuntansi. Memahami pengertian dan fungsi akuntansi memang penting, tetapi biasanya mereka lupa ketika sudah memasuki dunia kerja yang tidak ada kaitannya dengan pembukuan akuntansi. Padahal jika kita mau menerapkan ilmu akuntansi yang sudah pernah kita dapatkan dalam keseharian kita manfaatnya sangat banyak sekali. Tidak hanya dalam perusahaan, kantor, bisnis saja yang membutuhkan akuntansi. Maka dari itu, untuk mengingatkan kembali ilmu yang sudah pernah kita dapatkan, kali ini kita akan mengulang kembali apa sebenarnya pengertian dari akuntansi dan pada bidang apa saja akuntansi diterapkan. Pengertian akuntansi sangat luas, bisa meliputi aspek-aspek yang banyak seperti debit dan kredit, laba serta rugi dalam suatu perusahaan, bisnis maupun pribadi.

Akuntansi adalah aktifitas menghitung anggaran keuangan baik uang masuk maupun keluar yang ditulis secara teratur dalam sebuah ikhtisar sehingga bisa menghasilkan kesimpulan untuk mengidentifikasi keadaan keuangan. Ini merupakan pengertian akuntansi secara dasar. Selain itu, masih banyak pengertian seputar akuntansi sesuai dengan ruang lingkup atau bidang-bidang akuntansi. Dalam akuntansi memiliki banyak unsur, tetapi yang paling utama adalah adanya unsure debet dan kredit. Pengertian debet itu sendiri adalah keadaan uang yang masuk ke dalam kas, sedangkan kredit merupakan keadaan uang yang dikeluarkan sehingga mengurangi kas. Pada ilmu akuntansi juga memiliki ruang lingkup kerja akuntansi yang bisa dilihat dalam uraian berikut ini:

1.       Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan atau disebut juga dengan General Acounting. Pengertian akuntansi keuangan ini adalah berupa pencatatan atau membukukan transaksi keuangan dalam suatu bentuk usaha, meliputi usaha perorangan maupun korporasi. Sehingga dapat memberikan kesimpulan keadaan keuangan perusahaan dalam posisi untung atau dalam keadaan merugi dalam kurun waktu tertentu. Keadaan akhir keuangan tersebut sangat berguna untuk debitur maupun kreditur untuk digunakan sebagai laporan resmi perusahaan.

2.       Akuntansi manajemen

Management Acounting ini adalah salah satu ruang lingkup kerja akuntansi yang mengambil kumpulan data maupun taksiran data yang berguna untuk mengidentifikasi peluang ke depan dalam suatu perusahaan. Misalnya dalam suatu perusahaan yang tergantung dengan kurs mata uang lokal yang melemah. Hal itu kemudian ditaksir berdasarkan data-data yang masuk untuk melihat peluang masa depan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

3.       Akuntansi Perpajakan

Pengertian akuntansi dilihat dari ruang lingkup kerja selanjutnya adalah akuntansi perpajakan atau Tax Acounting. Dimana akutansi ini merupakan aktifitas membuat laporan keuangan pajak serta mengidentifikasi sebab akibat dari transaksi yang sudah maupun yang akan dilakukan. Serta masih banyak jenis ruang lingkup akuntansi lainnya.

Setelah kita mengetahui beberapa ruang lingkup tersebut, dalam akuntansi juga mengenal sistem yang diambil dari sekumpulan asumsi atau konsep dasar akuntansi. Adapun konsep dasar tersebut bisa dibagi dalam beberapa pengertian akuntansi yang dilihat dari konsep seperti:

1.       Konsep kesatuan bisnis dan perusahaan

Konsep dasar ini merupakan akuntansi yang memisahkan aktifa antara kekayaan pribadi dengan kekayaan perusahaan atau modal.

2.       Akuntansi perusahaan berjalan

Pengertian konsep dasar akuntansi berjalan ini adalah perusahaan diasumsikan berdiri sampai waktu yang lama, misalnya dalam sebuah PT yang masa berdirinya diasumsikan sampai 75 tahun yang akan datang. Artinya selama perusahaan tersebut berdiri dan tetap menguntungkan maka masih tetap berdiri sampai jangka waktu yang tidak bisa ditentukan.

Baca Juga: Pengertian Uang

Demikianlah beberapa pengertian yang bisa kita gunakan untuk mengartikan apa sebenarnya yang disebut akuntansi. Semoga ulasan yang begitu singkat ini bisa mengembalikan ingatan kita mengenai pengertian akuntansi setelah sekian tahun kita tidak membuka buku pelajaran yang sudah hampir usang oleh waktu dan kesibukan kita.

tags: , ,