Tata Cara Sholat Tahajud dan Hikmah doa Sholat Tahajud

Kamis, April 7th 2016. | Berita Islam

Sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan pada malam hari setelah bangun dari tidur dan setelah melaksanakan ibadah isya. Jika sholat tahajud dikerjakan sebelum tidur maka namanya bukan sholat tahajud namun sholat sunah lail atau qiyamullail (sholat witir, ba’diyah isya atau lainnya). sehingga walaupun sholat tahajud harus dilaksanakan setelah bangun dari tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar.Biasanya setelah sholat tahajud selesai selalu disambung dengan doa sholat tahajud sebagai muhasabah manusia untuk lebih dekat dengan Alloh dan untuk tafakkur merenungi semua perbuatan yang telah dialami dalam sehari kemudian meminta ampunan pada Alloh. Waktu melakukan sholat tahajud adalah setelah sholat isya sampai menjelang subuh dengan syarat setelah bangun tidur.

Tata cara sholat tahajud:Niat Sholat Tahajud: Usholli sunnatattahajudi rok’ataini lillahita’ala.Artinya: saya niat sholat tahajud dua roka’at karena Alloh ta’ala.Setelah itu Takbirotul Ihrom, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat dalam Al quran. Menurut Kitab Majmu’atussari’ bacaan surah yang utama untuk dibaca dalam tahajud adalah QS. Yasin pada rokaat pertama dan QS Al Mulk/ Tabaroq pada rokaat ke dua kemudian atahiyat akhir dan diakhiri dengan salam. Banyaknya rokaat dalam sholat tahajud ada 8/10/12/ tidak terbatas (terjadi perbedaan pendapat) dan biasanya di tutup dengan sholat witir. Setelah sholat selesai dilanjutkan dengan memanjatkan doa sholat tahajud.

Lafadh niat sholat Tahajud

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab beserta Artinya

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Dalam melafalkan doa setelah tahajud kita harus memiliki tata krama yang baik kepada Alloh,ibarat kita seorang hamba meminta kepada majikannya maka harus menggunakan cara-cara yang baik yaitu dengan: merendahkan diri kepada Alloh, memanjatkan doa dengan suara pelan, memintanya secara berulang ulang (sunah mengucapkan doa 3 kali), dan berusaha untuk selalu istiqomah dalam menjalankan Sholat tahajud dan memanjatkan doa tidak hanya pada saat-saat tertentu atau saat terdesak saja, berdasarkan pengalaman yang ada banyak kaum muslimin menjalankan sholat tahajud pada saat akan menghadapi ujian tulis, atau pada saat terdesak masalah yang rumit saja, namun itu lebih baik dari pada tidak menjalankannya sama sekali.

Berdasarkan pengalaman penulis manfaat nyata yang dirasakan setelah menjalankan sholat tahajud secara teratur adalah mendapatkan ketenangan hati, kejernihan pikiran, kemudahan dalam menyerap atau menelaah ilmu pengetahuan, secara psikis selalu berpikir positif dan mengambil hikmah dalam suatu kejadian, walaupun terlihat sangat buruk kejadian itu secara mata manusia namun selalu ada hikmah yang terbaik dalam setiap kejadian. Dengan sholat tahajud kita selalu diberikan kesempatan untuk mengenal Alloh lebih dekat, menyandarkan setiap kejadian kepadaNya, sang Maha Pencipta dengan begitu hal positif selalu mengisis hati kita. Dikabulkannya setiap doa yang diucapkan pada sepertiga malam terakhir. Alloh selalu mengabulkan doa manusia, dan memberikan yang terbaik bukan yang selalu diinginkan.

Terkadang kita merasa Allah tidak pernah mengabulkan doa manusia dikarenakn waktu yang kurang mustajab atau kita yang tidak percaya dengan keagungan Tuhan, atau malah berputus asa, namun dengan sholat tahajud Alloh memilihkan waktu yang tepat kapan dikabulkannya doa tersebut, di dunia atau di akhirat, pada saat itu juga (setelah kita berdoa) atau beberapa tahun kemudian atau bahkan untuk generasi anak cucu kita. Masih banyak manfaat lainnya seperti diberi kekuatan dalam menghadap penyakit terhindar dari penyakit hati, iri, dengki, kikir, adan yang merusak iman lainnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Shalat Dzuhur Beserta Maknanya

Demikianlah sedikit hikmah doa sholat tahajud yang dapat dipaparkan semoga dengan terus-menerus menjalankan sholat tahajud Alloh selalu memberikan kemuliaannya, tempat terbaik, drajad yang mulia di dunia dan di akhirat.

tags: , ,