Tempat Wisata di Cirebon Penuh Sejarah

Selasa, November 24th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Cirebon | Jika Anda bermukim di wilayah Jakarta, Anda pasti akan lelah dengan aktifitas rutin yang biasa Anda jalani. Belum lagi dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi membuat Anda lelah secara fisik, pikiran dan juga mental. Sebagai salah satu alternative bagi Anda yaitu dengan berwisata untuk melepaskan lelah dan penat. Jika Anda biasa mengunjungi Bandung atau Bogor sebagai tempat melepas lelah, bagaimana jika Anda mencoba berwisata ke Cirebon yang memiliki jarak tempuh sekitar 4 jam menggunakan kereta. Ada berbagai tempat wisata di Cirebon yang layak untuk disinggahi dan dinikmati keindahannya.

Sebagai salah satu kota tertua di pulau Jawa, tentu saja Cirebon memiliki sejuta peninggalan sejarah yang masih terjaga hingga kini. Kota yang telah berdiri sejak 2 April 1482 merupakan salah satu tempat peradaban Islam di Nusantara. Tak ayal hal ini membuat kota Cirebon merupakan salah satu kota dengan peninggalan sejarah yang masih terjaga kelestariannya. Tidak hanya itu, Anda penggemar kuliner juga akan dimanjakan dengan makanan khas Cirebon yang bisa membuat lidah Anda bergoyang. Jadi, siapkan diri Anda untuk berpetualang di kota Cirebon pada akhir pekan nanti ya.

Tempat wisata di Cirebon selain memiliki tempat wisata sejarah yang beraneka ragam, juga memiliki wisata alam pemandian air panas yang menenangkan jiwa dan raga. Berikut beberapa tempat wisata di Cirebon yang bisa Anda kunjungi, diantaranya adalah:

  • Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih terjaga keasliannya hingga kini. Dengan mengunjungi salah satu keraton termegah pada zamannya, Anda bisa menyaksikan peninggalan sejarah keraton yang dibangun pada tahun 1529 ini. Anda seolah terlempar pada masa Cirebon zaman dahulu dengan melihat dan berkeliling keraton. Anda akan melihat percampuran berbagai budaya pada arsitektur keraton, tidak hanya budaya Jawa dan Sunda namun juga ada pengaruh Cina, Arab, India dan juga Eropa.

  • Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sanyurangi

Setelah Anda puas berkeliling keraton Anda bisa mengunjungi taman sari Gua Sunyaragi yang merupakan sebuah cagar budaya. Anda bisa melihat berbagai bangunan kuno yang desainnya merupakan perpaduan budaya Indonesia dengan China. Anda yang gemar fotografi juga bisa menjadikan tempat ini sebagai landscape foto yang akan Anda bingkai. Untuk memasuki taman ini cukup dikenakan biaya sekitar 10 ribuan dan dibuka dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

  • Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

Setelah Anda puas berkeliling, saatnya memanjakan diri Anda dalam pemandian air panas yang ada di Cirebon. Berada dalam wilayah pabrik semen, Anda harus melewati pos penjagaan untuk memasuki area pemandian air panas ini. Dengan kandungan belerang yang cukup tinggi, menjadikan air panas ini sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi jika Anda berendam di air panas sembari menyaksikan pemandangan hijau yang mengelilingi tempat ini, dijamin rasa lelah Anda akan hilang seketika. Untuk memasuki areal pemandian air panas Anda akan dikenakan biaya sekitar 4 ribuan dan untuk berendam Anda akan dikenakan biaya sekitar 6 ribuan. Cukup murah bukan?

  • Kerajinan batik Trusmi

Kerajinan batik Trusmi

Tak lengkap rasanya jika Anda tidak membawa buah tangan khas Cirebon, salah satunya adalah batik khas Cirebon yang bisa ditemui di kerajinan batik Trusmi. Anda akan menemukan berbagai macam batik khas Cirebon dengan beraneka macam pola seperti mega mendung, paksinaga liman, patran kangkung, dan lain sebagainya. Batik ini amat disukai oleh para pelancong yang berwisata di Cirebon dan selain itu harga batik tersebut dipatok dengan cukup murah meriah.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Banyuwangi

Demikianlah beberapa tempat wisata di Cirebon yang layak untuk dikunjungi. Anda bisa melepas lelah dan penat sembari menikmati sejarah masa lalu untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri kita masing-masing.

tags: