Tempat Wisata di Jambi yang Penuh Pesona

Rabu, November 11th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Jambi yang Penuh Pesona | Pulau Sumatera sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, memiliki sejumlah kekayaan alam yang sangat menarik. Dari Aceh sampai dengan Lampung Anda akan menemukan berbagai kekayaan alam khas Sumatera. Salah satu provinsi yang tak kalah dengan obyek wisatanya dibandingkan dengan provinsi lain adalah Jambi. Sebuah provinsi yang diapit oleh beberapa provinsi lainnya menjadikan akses ke Jambi mudah untuk ditempuh. Ada banyak tempat wisata di Jambi yang bisa Anda kunjungi jika Anda memiliki kesempatan untuk berplesir ke kota Jambi yang pastinya menarik untuk dijelajahi dan diabadikan.

Jambi pada dahulu kala merupakan salah satu daerah kekuasaan dari kerajaan Sriwijaya yang terletak di Sumatera Selatan. Sebagai salah satu daerah kekuasaan, ada banyak peninggalan sejarah Sriwijaya yang bisa Anda temukan disini. Namun, daya tarik Jambi tidak hanya terlepas dari peninggalan sejarah kerajaan besar, namun ada obyek wisata lain yang wajib dan menarik untuk dikunjungi hanya untuk sekedar melepas penat dan lelah selepas aktifitas yang padat. Yuk, kenali lebih dekat provinsi Jambi yang memang layak untuk dikunjungi. Dan dapat dipastikan, Anda akan merasa puas telah berkunjung ke kota ini.

Tempat wisata di Jambi memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata kuliner sampai dengan wisata candi bersejarah. Berikut beberapa tempat wisata di Jambi yang bisa Anda kunjungi, diantaranya adalah:

  • Danau Sipin

Danau Sipin

Danau yang terletak di daerah Telanaipura ini merupakan salah satu obyek wisata yang bisa Anda kunjungi. Biasa disebut Solok Sipin, obyek wisata ini merupakan tempat pembiakan ikan air tawar seperti ikan nila dan ikan mujair. Di danau ini Anda dapat melihat aktifitas para peternak ikan sedang melebarkan jala atau jajaran keramba yang ada ditengah danau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan danau dengan mengelilinginya menggunakan perahu dengan hanya 5ribuan saja.

  • Tangga Rajo

Tangga Rajo

Jika Anda belum puas menikmati keindahan danau Sipin, Anda bisa berkunjung ke Tangga Rajo. Jika diibaratkan, tempat ini hampir serupa dengan taman alun-alun Kapuas atau pantai Losari. Anda dapat menemukan jejeran pedagang yang menawarkan berbagai macam kuliner di sepanjang tepi perairan sungai Batang Hari. Banyak dikunjungi pada sore dan malam hari, Anda bisa menyaksikan keindahan dari sungai terpanjang di Sumatera sembari menikmati kuliner yang menggoyang lidah.

  • Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Jika Anda suka dengan wisata yang menarik, sempatkanlah diri Anda untuk berkunjung ke taman mini dan taman rimba Jambi. Hampir sama dengan Taman Mini Indonesia Indah yang menampilkan berbagai miniatur dari seluruh Indonesia, maka di taman mini Jambi ini Anda akan menemukan berbagai replica miniatur mini hanya dari provinsi Jambi. Anda bisa melihat replica bangunan khas Jambi beserta dengan kebudayaannya. Sangat cocok untuk menambah wawasan kita akan beragamnya budaya di Indonesia.

  • Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Sebagai salah satu daerah kekuasaan kerajaan Sriwijaya, maka tak heran jika di Jambi kita dengan mudahnya menemukan berbagai candi, termasuk Candi Muaro yang merupakan salah satu obyek wisata  yang terkenal di Jambi. Merupakan candi dengan aliran Budhisme, candi ini telah mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang wajib untuk kita lindungi dan lestarikan. Sebagai informasi, sampai kini masih ada beberapa candi yang masih tertimbun di dalam tanah dalam kawasan Candi Muaro Jambi ini.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Wonosobo Terfavorit

Demikianlah beberapa tempat wisata di Jambi yang memiliki beraneka ragam obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Dengan kekayaan alam yang masih alami menaungi kota Jambi, tampaknya kita harus menjaga keasrian lingkungan alam demi kelangsungan hidup yang harmoni.

tags: