Tempat Wisata di Klaten yang Unik Paling Banyak Dikunjungi

Minggu, November 15th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Klaten | Klaten, sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini memiliki keadaan lingkungan yang bersih dan rapi. Jika Anda pernah mengunjungi kota yang satu ini, maka tidak ada salahnya Anda berkunjung ke tempat wisata yang ada di sekitarnya. Tempat wisata di Klaten beragam jenisnya. Ada yang berupa wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner. Beragam tempat wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yang berbeda. Tempat wisata yang paling menonjol di kabupaten Klaten adalah wisata budayanya.

Tempat wisata di Klaten menyuguhkan pemandangan indah sekaligus mengandung unsur budaya. Tidak hanya menarik, tempat wisata tersebut memiliki nilai budaya yang tinggi. Di Klaten, kita dapat menemukan perpaduan dua budaya yang berbeda yaitu budaya dari kesultanan Yogyakarta dan kesultanan Surakarta.

  • Candi Prambanan

Candi Prambanan

Siapa yang tidak tahu Candi Prambanan? Tempat wisata di Klaten yang satu ini dikenal tidak hanya oleh masyarakat Klaten tetapi juga oleh wisatawan yang berasal dari luar negeri. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar yang berada di wilayah Indonesia. Letak candi Prambanan terdapat di perbatasan Yogyakarta dan Klaten.  Candi ini menjadi salah peninggalan yang penting bagi masyarakat sekitarnya terutama bagi masyarakat Hindu. Di dalam candi Prambanan kita dapat menemukan tiga candi utama. Candi tersebut diberi nama candi Brahma, Wisnu dan Siwa.

  • Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor

Salah satu tempat wisata di Klaten yang cukup berbeda adalah Warung Apung Rowo Jombor. Tempat wisata ini termasuk wisata kuliner yang menyajikan pemandangan yang cukup berbeda. Jika biasanya makanan dijual di pasar-pasar dengan menggunakan tempat dagang khusus, maka di warung Jombor makanan dijual di atas perahu. Gambaran tempat wisata ini hampir serupa dengan pasar terapung di Kalimantan. Berbagai jenis makanan dijual di atas perahu yang sebagian besar terdiri dari olahan makanan laut, seperti ikan. Keberadaan warung Apung Rowo Jombor menjadi tempat wisata yang cukup unik.

  • Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Tempat wisata di Klaten yang bernama Umbul Ponggok bisa jadi menjadi salah satu tempat wisata yang banyak peminatnya. Tempat wisata ini dikatakan unik karena menyuguhkan pemandangan bawah laut yang dibuat manusia. Tempat wisata ini berupa kolam berukuran besar yang dibuat seolah-olah mirip dengan keadaan bawah laut. Untuk menambahkan kesan pemandangan bawah laut, ditambahkan batu karang dengan aneka jenis ikan.  Batu karang dan ikan tersebut ditambahkan dengan jenis yang beraneka ragam agar menampilkan pemandang laut yang sesungguhnya. Lebih uniknya lagi, di dasar laut disiapkan kursi-kursi khusus yang dapat digunakan wisatawan untuk berfoto.

  • Wisata Deles Indah

Wisata Deles Indah

Tempat wisata yang satu ini menyajikan pemandangan desa yang masih bersih dan sejuk. Pemandangan tersebut dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Desa Deles yang berada di wilayah kecamatan Kemalang. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Merapi yang banyak dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat berkemah yang memiliki hawa yang sejuk. Di daerah ini kita dapat menemukan banyak kemah-kemah yang dipasang wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini.

Lihat Juga: Obyek Wisata di sekitar Manado

Jika Anda bingung untuk menentukan tempat berlibur, maka tempat wisata di Klaten dapat menjadi pilihan yang tepat. Di Klaten Anda tidak hanya dapat menikmati tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga wisata yang kaya akan nilai budaya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menikmati beberapa tempat wisata di daerah ini. Dengan begitu, semua keindahan alam dan budaya yang menakjubkan dapat Anda rasakan dalam satu waktu. Selamat berwisata alam dan budaya!

tags: