Tempat Wisata di Solo

Sabtu, Juni 20th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Solo | Salah satu provinsi di Jawa Tengah yang kerap dijadikan sebagai tujuan wisata adalah kota Solo. Kota yang bersebelahan dengan Yogyakarta ini memiliki banyak sekali objek wisata. Tempat wisata di Solo juga beraneka ragam, sehingga pelancong dapat memilih objek wisata yang bagus untuk dikunjungi. Ada beragam objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, sampai wisata kuliner bisa Anda temui di kota yang masih memegang budaya Jawa yang kental ini. Anda tidak akan menyesal mengunjungi Solo sebagai destinasi wisata Anda kali ini.

Jika Anda mengunjungi Solo, tempat wisata di Solo yang pertama kali Anda kunjungi adalah Keraton Mangkunegaran Solo atau Keraton Surakarta. Kedua objek wisata ini merupakan pusat kebudayaan Solo dimana Anda bisa melihat benda-benda bersejarah yang disimpan di dalam Keraton. Anda bisa melihat arsitektur keraton yang indah dan elegan. Di dalam keraton Surakarta sendiri, Anda akan menemukan pohon sawo kecik sejumlah 77 batang. Sawo kecik ini memiliki filosofi tersendiri.

Jika Anda ingin melihat keindahan alam, tempat wisata di Solo ini bisa menjadi alternative bagi Anda berekreasi. Salah satunya adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Objek wisata yang berupa air terjun ini menyimpan sejuta keindahan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Selain itu, daya tarik lain dari objek wisata ini adalah cerita mistis di balik air terjun ini. Anda mungkin bisa mendapati cerita tersebut dari penduduk setempat ketika Anda berkunjung kesana.

Ingin wisata yang lebih modern? Datang saja ke Pandawa Water World Solo Baru. Disini Anda akan menikmati beragam permainan air yang bisa memacu adrenalin atau sekedar having fun. Dengan wahana air yang banyak, objek wisata ini cocok untuk segala usia. Tiket masuk dari wahana ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 50. 000 untuk hari biasa dan Rp. 100. 000 untuk akhir pekan.

Belum puas rasanya berwisata tanpa membawa buah tangan. Tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi untuk membeli beberapa buah tangan adalah pasar Klewer. Merupakan pusat tekstil dimana Anda bisa menemukan beragam jenis batik yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk kenalan Anda. Beragam batik mulai batik dalam negeri, hingga batik luar negeri bisa Anda temukan disini. Pasar Klewer merupakan sebuah tempat bagi Anda pecinta shopping.

  • Museum Batik Danar Hadi Solo
Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo

Kalau kamu dari luar kota dan juga tengah berkunjung untuk wisata menuju ke Solo nampaknya kurang lengkap apabila kamu belum mem-beli batik Danar Hadi selaku oleh-oleh dari kota solo. Danar Hadi adalah merek batik ternama dari Solo. Selain outlet penjualan, Danar Hadi jua membikin satu buah museum mengenai batik yaitu Museum Batik Danar Hadi. Di Museum ini pengunjung dapat menatap koleksi motif beragam macam batik dari seluruh nusantara.

  • Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Kalau anda Berkunjung menuju ke Kota solo cita rasanya kurang lengkap apabila belum mengunjungi Keraton Surakarta. Keraton ini bernama lengkap Keraton Surakarta Hadiningrat. Dahulu keraton ini ialah bagian dari kerajaan Mataram, namun sebab permasalahan politis dengan Belanda akhirnya Kerajaan Mataram ini dipecah men-jadi dua yaitu Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan juga Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin Oleh Pangeran Mangkubumi.

  • Museum Radya Pustaka
Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka terdapat di dekat Kompleks Taman Sriwedari Solo. Museum ini adalah salah 1 museum tertua di Indonesia. Di dalam museum ini banyak menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan Kota Solo dan juga peninggalan Keraton Mataram. Salah 1 koleksi yang lumayan populer ialah koleksi berupa porselen yang adalah hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV. Namun sayangnya museum ini pernah mengalami cerita buruk yaitu berupa pencurian benda-benda koleksi yang dilakukan oleh oknum keluarga kerajaan Surakarta.

  • Pusat Grosir Solo
Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Pusat perbelanjaan di Solo yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan Pasar Klewer. Namun sebab pembangunannya lebih baru maka suasana didalamnya lebih nyaman dibanding dengan Psar Klewer. Di Pusat Grosir Solo ataupun PGS jua banyak menyediakan beragam macam pakaian dari mulai batik, baju, sepatu, tas dan lain-lain. Harganya jua dapat dikatakan bersaing. Lokasi PGS ini satu kawasan dengan Keraton Surakarta ataupun tepatnya di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton Surakarta.

  • Taman Hiburan Rakyat, Sriwedari Solo
Taman Hiburan Rakyat, Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat, Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari adalah satu buah taman yang bersejarah bagi Kota Solo. Di tempat ini semenjak dulu dijadikan selaku area pertunjukan kesenian tradisional khas Jawa Tengah seperti wayang manusia, kethoprak dan lain-lain. Namun kali ini Taman Sriwedari telah disulap men-jadi area yang lebih modern yaitu dengan penambahan wahana permainan untuk anak-anak lebih-lagi ada jua mini water park. Selain wahana permainan jua ada stand penjual makanan beserta panggung untuk pertunjukan musik lokal seperti dangdut, lagu Koes Plus dan lain-lain.

  • Istana/ Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Sesudah Kerajaan Mataram dipecah oleh Belanda / VOC men-jadi Kesultanan Yogyakarta dan juga Kasunanan Surakarta, ternyata krisis yang dihadapi Kerajaan Mataram ini belum berakhir. Dua tahun sesudah Perjanjian Giyanti, Kasunanan Surakarta dipecah lagi men-jadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan juga Mangkunegaran. Pemecahan ini melalui perjanjian Salatiga pada tahun 1755. Selaku Raja Mangkunegaran ialah Raden Mas Said yang lalu bergelar Mangkunegoro I. Kali ini Pura Mangkunegaran dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang mau menatap koleksi peninggalan jaman dahulu, khususnya berupa benda sejarah yang berhubungan dengan Raja-raja Mangkunegaran.

  • Solo Grand Mall
Solo Grand Mall

Solo Grand Mall

Kalau tadi kita membahas Pasar Klewer yang berkonsep pasar tradisional, kini kita hendak bahas wisata berbelanja dengan konsep modern yaitu berbelanja menuju ke kota Solo Grand Mall. Solo Grand Mall ataupun sering disingkat SGM adalah Mall tergede di Kota Solo. Hampir tiap hari mall ini senantiasa ramai dikunjungi pengunjung, baik untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, beli pakaian, perhiasan, makan ataupun lebih-lagi cuma sekedar nongkrong di foodcourt. Di SGM jua terdapat bioskop yang menayangkan film-film terbaru.

  • Kebun Binatang Taru Jurug
Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Area wisata terindah di Solo ini ialah berupa kebun binatang. Kebun Binatang Jurug ataupun nama resminya Taman Satwa Taru Jurug adalah salah 1 area wisata kebanggaan warga Solo. Area wisata Kebun Binatang Jurug ini berlokasi di tepi Bengawan Solo ataupun perbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Tiap hari Minggu dan juga hari libur nasional area ini senantiasa ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

  • Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Selain wisata budayanya, Kota Solo jua populer dengan wisata belanjanya. Salah 1 wisata berbelanja yang tidak bisa jadi untuk dilewatkan ialah berbelanja di Pasar Klewer Solo. Pasar Klewer adalah pasar yang menyediakan beragam macam kain, batik dan juga pakaian tergede di Solo. Disini kamu dapat mem-beli pakaian dengan harga murah, sebab di pasar Klewer tempatnya grosir pakaian. Namun butuh diingat jua bahwa memang kamu jua harus pandai-pandai menawar harga. Kalau tidak pandai menawar bisa-bisa malah harga pakaiannya men-jadi mahal.

Tempat wisata di Solo yang beragam bisa dipilih untuk dikunjungi. Mulai dari wisata di Keraton, Tawangmangu sampai dengan Pasar Klewer sebagai pusat batik.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Jawa Tengah

tags: