Tempat Wisata di Wonosobo Yang Eksotis

Selasa, November 10th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Wonosobo Yang Eksotis | Siapa yang tidak mengenal akan keindahan alam Indonesia. Disebut sebagai salah satu serpihan surga yang jatuh ke bumi, Indonesia memiliki kekayaan alam yang cukup mempesona. Mulai dari Sabang sampai Merauke kita akan melihat berbagai keanekaragaman hayati maupun budaya yang menarik hati. Salah satu daerah yang cukup terkenal akan keindahan alamnya adalah Wonosobo yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak tempat wisata di Wonosobo yang layak untuk dikunjungi saat Anda tengah melepas penat ke daerah yang memiliki hawa dingin dan sejuk tersebut.

Jika berbicara mengenai Wonosobo, hal pertama yang terlintas adalah kawasan Dieng yang sangat terkenal. Salah satu obyek wisata tersebut, memang memiliki reputasi yang cukup baik sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik local maupun mancanegara. Di kawasan Dieng, Anda bisa menemukan berbagai obyek wisata menarik seperti Candi Dieng, atau Kawah Dieng yang terkenal. Anda juga bisa mempelajari budaya yang berada di sekitar pegunungan Dieng agar wisata Anda lebih dari sekedar foto selfie. Artikel kali ini akan membawa Anda berjalan-jalan sejenak ke Wonosobo untuk menemukan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Wonosobo memiliki salah satu kawasan wisata yang terkenal yaitu Dieng yang memiliki obyek wisata lain yang tak kalah menariknya untuk dijelajahi. Berikut beberapa tempat wisata di Wonosobo yang wajib untuk dijelajahi, antara lain adalah:

  • Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga yang terletak dalam kawasan wisata Dieng ini memang merupakan salah satu landmark yang akan mengesankan siapapun yang mengunjunginya. Mengapa dinamakan sebagai Telaga Warna? Hal tersebut dikarenakan warna dari telaga ini yang kerap berubah-ubah. Perubahan warna pada telaga tersebut tidak lepas dari cerita yang melatarbelakangi peristiwa ini, yang konon berasal dari sebuah cincin bangsawan yang jatuh ke dalam telaga. Jika ditilik secara ilmiah, warna yang berubah merupakan akibat dari pembiasan cahaya matahari pada endapan belerang yang ada di dasar telaga. Well, apapun yang melatarbelakangi perubahan warna pada telaga ini, hal tersebut merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya bukan?

  • Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Jika Anda senang untuk bangun pagi dan menikmati cahaya matahari yang mulai menghiasi bumi, maka salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah bukit Sikunir. Disini Anda dan wisatawan lainnya dapat melihat matahari terbit atau sunrise dan mengabadikannya dalam sebuah jepretan kamera. Anda juga bisa merasakan hangatnya sinar mentari pagi melewati setiap pori-pori tubuh Anda dan semakin bersyukur akan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Bukit ini dinamakan Sikunir karena terinspirasi cahaya matahari pagi yang kekuningan bak warna kunyit atau kunir dalam bahasa Jawa.

  • Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Masih berada dalam kawasan wisata Dieng yang terletak di daerah Banjarnegara. Merupakan sebuah ceruk rekahan kawah yang akhirnya digenangi oleh air. Untuk ukuran dari ceruk ini adalah berdiameter sekitar 90 m dengan kedalaman mencapai 200 meter. Untuk berwisata ke tempat ini, Anda harus mempersiapkan fisik yang kuat karena Anda akan menaiki tangga sejumlah 257 anak tangga. Ada sebuah mitos menarik yang membalut tempat wisata ini, jika Anda berhasil melempar batu kerikil dari satu seberang sumur ke seberang yang lain, maka keinginan Anda akan terkabul. Wajar jika Anda melihat banyak penjual kerikil yang menjajakan batu kerikil pada setiap wisatawan. Anda tertarik untuk mencobanya?

Lihat Juga: Obyek Wisata di sekitar Padang

Demikianlah beberapa tempat wisata di Wonosobo yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan alam, agar dapat diwariskan pada anak cucu kita kelak. Traveler yang baik adalah traveler yang menjaga lingkungan sekitar, betul tidak?

tags: