Tips dan Cara Mengkilapkan Batu Akik

Senin, Maret 23rd 2015. | Batu Akik

Tips dan Cara Mengkilapkan Batu AkikIdzsn.com | Batu akik telah banyak sekali dikenakan oleh beragam macam kalangan. Dari Berbagai macam batu akik yang ada di pasaran. Harga yang dipatok jua bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut.

Makin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan pastinya hendak makin mahal. Lebih-lagi ada sejumlah batu akik yang memiliki harga hingga puluhan lebih-lagi ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut sendiri. Salah 1 kriteria agar batu akik tersebut memiliki harga mahal ialah kadar mengkilapkan batu akik tersebut.

Makin mengkilap dan juga bening batu akik tersebut, maka hendak makin mempertinggi harga dari batu cincin. Sebenarnya Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengkilapkan batu cincin ini amatlah beragam. Mulai dari cara modern, hingga cara yang tradisional.

1. Mengkilapkan batu akik dengan Daun Pisang Kering

Cara satu ini memang telah sering dipakai oleh nenek moyang kita jaman dahulu untuk menggosok batu cincin mereka agar nampak makin mengkilap. Walaupun cara ini tergolong cara kuno, namun hingga kini cara ini masih dianggap ampuh untuk mengkilapkan batu akik.

Perihal ini bukanlah tanpa alasan menggosok batu cincin menggunakan daun pisang kering, namun ternyata daun pisang kering tersebut masih menganding senyawa yang membikin batu akik nampak makin mengkilap. Cara menggosoknya jua amat sederhana. Kamu cuma butuh mengambil daun pisang kering lalu gosokkan kepada batu akik dengan cara searah. Dengan Begitu Lama-kelamaan batu akik kamu hendak makin nampak mengkilap.

2. Mengkilapkan batu akik dengan Kulit

Selain daun pisang kering, ternyata material kulit jua dapat mengkilapkan batu akik. Pakai kulit binatang yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, ataupun benda yg lain yang terbuat dari kulit. Gosokkan batu tersebut dengan cara searah dan juga lalu kilau batu akik tersebut hendak terpancar. Perihal ini dikarenakan oleh bahan kulit yang masih mengandung minyak di dalamnya.

Walaupun telah diolah, minyak tersebut masih terkandung di dalam bahan kulit tersebut walaupun dalam jumlah yang amat sedikit.

3. Mengkilapkan batu akik dengan Media Bambu

Menggosok batu cincin menggunakan bambu bisa jadi terdengar aneh. Namun cara ini ternyata telah digunakan oleh para manusia tua jaman dahulu. Menggunakan tekstur kulit bambu yang halus, batu akik nanti-nya digosok-gosokkan menuju permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Perihal ini hendak amat menolong untuk mempertinggi daya kilap dari batu akik tersebut. Se-belum menggosokkan media bambu untuk mengkilapkan batu akik, ada baiknya kamu memperhatikan hal hal berikut:

  • Cuci bambu dengan bersih. Jemur terlebih dahulu bambu yang hendak digunakan untuk menggosok batu akik hingga kering.
  • Gosok batu akik menuju permukaan bambu dengan halus dan juga tidak boleh terlampau keras.
  • Gosok dengan arah yang sama dengan cara berulang-ulang.
  • Waktu penggosokkan batu menggunakan media ini hendaknya tidak boleh terlampau sering sebab ditakutkan batu akik hendak terkikis. Lumayan kerjakan seminggu ataupun sebulan satu kali saja.

4. Mengkilapkan batu akik Dengan Merendam Batu Akik Ke Air Kelapa

Cara ini ter-masuk cara yang ter gampang dan juga tidak memerlukan banyak tenaga. Kamu cuma butuh memasukkan batu akik kamu menuju dalam cairan yang mengandung air kelapa. Biarkan selama sejumlah jam hingga semalam untuk memperoleh hasil yang baik. Sesudah direndam selama semalam penuh, keesokan harinya angkat batu tersebut lalu keringkan dengan lap yang halus.

Baca Juga: Batu AKik Termahal

tags: